Share

Bagi Warga Ukraina, Mikhail Gorbachev Tetaplah Seorang Imperialis

Susi Susanti, Okezone · Kamis 01 September 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 18 2658719 bagi-warga-ukraina-mikhail-gorbachev-tetaplah-seorang-imperialis-WP0lw7JdYg.jpg Ratusan warga Ukraina berdemonstrasi mengusir Mikhail Gorbachev pada 5 Juli 1991 (Foto: AP)

UKRAINAMantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev dapat menjadi tokoh yang dikenal sebagai pembuka jalan bagi kemerdekaan Ukraina. Namun dukungannya terhadap pencaplokan wilayah Krimea dan kebisuannya pada invasi yang dilakukan Rusia di Ukraina pada saat ini telah merusak reputasi yang ia miliki.

Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, memicu keruntuhan negara komunis itu pada 1991. Keruntuhan itu kemudian mengarah pada pembentukan 15 negara independen termasuk Ukraina.

Tetapi bukanlah sebuah kebetulan jika pemerintah Ukraina hingga saat ini tidak memberi komentar atas kematian Gorbachev, sehari setelah kematian sang tokoh tersebut, meski diketahui ibu dan istri Gorbachev berasal dari Ukraina.

Baca juga:  Mengenal Mikhail Gorbachev, Presiden Uni Soviet yang Mengakhiri Perang Dingin

Warga Ukraina di jalanan Kota Kyiv, pada Rabu (31/8/2022), tidak ragu untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang pemimpin Uni Soviet yang melakukan "pendudukan" dan mereka sebut sebagai tokoh "imperialis" itu.

Baca juga:  Putin Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Mikhail Gorbachev

“Saya sangat senang dia meninggal. Semakin banyak musuh dan pendukung mereka mati, semakin gembira saya,” kata Oleksandr Stepanov, 32, dikutip VOA.

Katrina Boyuk, 17, yakin bahwa Gorbachev “tidak peduli” dengan Ukraina dan kemerdekaan negaranya “tidak ada hubungan apa-apa” dengan Gorbachev.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dia hanyalah penguasa USSR, dan dia tidak bisa mempertahankan kuasanya,” ujarnya merujuk pada Uni Soviet (USSR).

"Saya rasa dia juga merupakan seorang penindas sama seperti para pemimpin Kremlin lainnya saat ini,” kata Vytalya Formantchuk, 43, seraya menambahkan bahwa Gorbachev “melakukan banyak usaha untuk menghancurkan Ukraina, budaya dan bahasa mereka.”

Sikap permusuhan para warga Ukraina yang terang-terangan terhadap Gorbachev juga bermula dari kebisuan sang tokoh terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Gorbachev yang populer di Barat, tidak pernah memberi komentar publik tentang invasi Rusia saat ini, yang menjadi konflik paling buruk di Eropa sejak Perang Dunia II.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini