Share

10 Presiden Terbaik AS, Barack Obama Salah Satunya

Nadilla Syabriya, Okezone · Selasa 27 September 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 18 2675930 10-presiden-terbaik-as-barack-obama-salah-satunya-Q953T0Jbcz.jpg Abraham Lincoln. (Foto: Wonderlist)

JAKARTA - Seperti yang kita ketahui, tugas presiden adalah menjadi pemimpin suatu negara dan pemerintahan agar berjalan dengan baik. Tak heran jika seorang presiden berusaha sekuat tenaga demi memajukan negaranya di kancah dunia.

Bahkan di antaranya memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakat di Amerika Serikat maupun dunia karena kebijakan dari berbagai bidang. Hal ini pun membuat para Presiden ini mendapat predikat sebagai yang terbaik sepanjang sejarah AS.

Melansir dari C-Span, berikut adalah presiden terbaik Amerika Serikat. Yuk simak!

1. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln menjadi Presiden Amerika Serikat ke-16 yang menjabat sejak 1861. Di antara semua presiden AS, Lincoln hampir selalu berada di lima besar karena kemampuan kepemimpinan krisis, dedikasinya untuk menjaga Amerika Serikat tetap bersama dan untuk mengejar keadilan yang setara untuk semua.

Sebagai Presiden, ia membangun Partai Republik menjadi organisasi nasional yang kuat. Lebih lanjut, ia mengumpulkan sebagian besar Demokrat utara untuk tujuan Union. Pada 1 Januari 1863, ia mengeluarkan Proklamasi Emansipasi yang menyatakan untuk selamanya membebaskan budak-budak di dalam Konfederasi.

Lincoln tidak pernah membiarkan dunia melupakan bahwa Perang Saudara menyebabkan masalah yang lebih besar. Dia membuat pernyataan menyentuh saat berada pada pemakaman militer di Gettysburg. Lincoln berkata bahwa kami di sini sangat bertekad bahwa orang mati ini tidak akan mati sia-sia, bahwa bangsa ini, di bawah Tuhan, akan memiliki kelahiran baru kebebasan dan bahwa pemerintahan rakyat , oleh rakyat, untuk rakyat, tidak akan binasa dari bumi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. George Washington

George Washington merupakan seorang jenderal dan negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat sekaligus presiden pertamanya dari tahun 1789 hingga 1797. Ia memimpin pasukan Patriot selama Perang Revolusi Amerika dan berhasil mengantarkan mereka menuju pintu kemerdekaan dari Britania Raya.

Presiden pertama negara itu mendapat peringkat tinggi untuk otoritas moral dan kinerjanya secara keseluruhan dalam konteks zamannya. Washington berjuang keras untuk Konstitusi, merasa bahwa Anggaran Konfederasi tidak berfungsi dengan baik untuk negara. Dia kecewa melihat negara menjadi lebih terpecah secara politik menjelang akhir masa jabatan pertamanya, dan menetapkan presiden dengan memilih untuk pensiun setelah masa jabatan kedua.

3. Franklin D. Roosevelt


Franklin Delano Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat ke-32 dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang terpilih empat kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945, melebihi aturan konstitusi Amerika Serikat yang hanya memperbolehkan presiden menjabat dua periode.

Para sejarawan memuji Franklin D. Roosevelt atas popularitasnya yang luar biasa dan pengabdiannya pada keadilan ekonomi. FDR mengambil alih kursi kepresidenan selama masa Depresi Besar yang terburuk, tetapi meyakinkan rakyat Amerika dengan kata-katanya, yaitu โ€œSatu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri." Dia juga memimpin AS melalui tahun-tahun berbahaya Perang Dunia II.

4. Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt merupakan Presiden Amerika Serikat yang Ke-26. Menjabat dua kali masa jabatan pada tahun 1901 hingga 1909. Sebelum menjadi presiden, Roosevelt adalah wakil presiden Amerika Serikat di bawah Presiden William McKinley. Presiden ini masih saudara dekat presiden Franklin Delano Roosevelt, Presiden Amerika yang ke-32.

Saat itu, ia baru berusia 42 tahun dan dinobatkan sebagai presiden termuda dalam sejarah Amerika Serikat. Theodore memiliki antusiasme dan energi untuk meyakinkan Kongres agar meloloskan reformasi progresif dan kebijakan luar negeri yang kuat.

Hal ini dicontohkan oleh motonya, yaitu "Bicaralah dengan lembut dan bawa tongkat besar." Sebagai orang luar yang rajin, ia mengawasi perluasan taman nasional Amerika. Theodore Roosevelt mendapat peringkat tinggi untuk persuasi publik dan atribut kepresidenan lainnya.

5. Dwight D. Eisenhower

Dwight David Eisenhower merupakan presiden Amerika Serikat ke-34 yang pernah menjadi komandan tertinggi pasukan Sekutu di Eropa Barat selama perang Dunia II. Selama memimpin negara adidaya itu, Dwight menyerukan kebijakan moderat yang membuat AS menjadi negara terkuat, paling berpengaruh, dan paling produktif di dunia.

Dia memperoleh gencatan senjata setelah bertahun-tahun perang di Korea, melanjutkan desegregasi angkatan bersenjata AS, dan mengirim pasukan federal untuk menegakkan perintah pengadilan desegregasi sekolah umum di Little Rock, Arkansas.

6. Harry S. Truman

Truman memenangkan pujian dari sejarawan untuk kepemimpinan kebijakan luar negerinya. Meskipun tidak populer ketika dia meninggalkan jabatannya, dia telah tumbuh lebih dihormati oleh para sejarawan selama bertahun-tahun.

Setelah V-E Day, ketika Jepang menolak untuk menyerah, ia memerintahkan agar bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya mengakhiri Perang Dunia II di Pasifik. Tak lama kemudian, Truman menyaksikan penandatanganan piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang didirikan untuk menjaga perdamaian.

7. Thomas Jefferson


Jefferson mendapat peringkat tinggi karena keterlibatannya dalam pendirian negara kita dan visinya yang unik sebagai presiden. Dia adalah penulis utama Deklarasi Kemerdekaan, menulis bahwa "semua manusia diciptakan sama," bahkan saat dia terus memiliki budak. Selama masa kepresidenannya, ia memperoleh Wilayah Louisiana, memperluas luas negara, dan memangkas utang nasional hingga sepertiga.

8. John F. Kennedy


Sejarawan paling memuji Kennedy untuk keterampilan berbicara di depan umum dan visinya. Dia juga menilai baik untuk manajemen krisis dan penanganan hubungan internasional. Kennedy menentang Soviet dan berhasil meredakan Krisis Rudal Kuba. Dia juga menginspirasi orang Amerika dengan bersumpah untuk menempatkan manusia di bulan, dan dia mendukung kemajuan hak-hak sipil. Kennedy telah dibunuh setelah hampir seribu hari menjabat.

9. Ronald Reagan

Reagan masih merupakan sosok presiden yang dicintai, tetapi popularitasnya di kalangan sarjana politik telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Banyak yang ingat dia bekerja dengan Kongres untuk meloloskan undang-undang yang mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkuat pertahanan nasional, memajukan visinya tentang "perdamaian melalui kekuatan" di tahun-tahun menjelang berakhirnya Perang Dingin.

10. Barack Obama


Pencapaian kebijakan domestik Obama yang khas, Undang-Undang Perawatan Terjangkau, juga dikenal sebagai Obamacare, tidak populer di kalangan Partai Republik tetapi memperluas cakupan asuransi kesehatan hingga 20 juta orang Amerika. Pemerintahannya membantu membimbing negara melalui Resesi Hebat dan menyelamatkan industri otomotif AS.

Sebagai seorang presiden yang sangat populer, ia keluar dari 10 besar untuk tahun 2022, sebagian karena hubungannya dengan Kongres dan hubungan internasional.

1
6

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini