Share

Dukung Aksi Atasi Iklim, PBB Desak Negara-Negara Kaya Penuhi Janji Sumbang Dana Rp1.528 Triliun

Susi Susanti, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680252 dukung-aksi-atasi-iklim-pbb-desak-negara-negara-kaya-penuhi-janji-sumbang-dana-rp1-528-triliun-O4bw59IRTR.jpg Sekjen PBB Antonio Guterres (Foto: AP)

NEW YORK Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada Senin (3/10/2022) meminta negara-negara maju untuk memenuhi janji mereka menyumbangkan USD100 miliar (Rp1.528 triliun) setahun untuk mendukung aksi mengatasi masalah iklim di negara-negara berkembang. Seruan itu disampaikan menjelang konferensi iklim di Mesir pada November mendatang.

“Dana untuk adaptasi dan ketahanan harus mewakili sedikitnya separuh dari semua dana iklim," terangnya kepada wartawan, dikutip VOA.

Baca juga: Badai Ian Tewaskan 85 Orang, Riset: Badai Bawa Lebih Banyak Hujan karena Perubahan Iklim 

Para menteri, pakar iklim dan perwakilan masyarakat madani bertemu pekan ini di ibu kota Kongo, Kinshasa, untuk menyiapkan agenda pertemuan November mendatang yang dijuluki COP27. Konferensi itu akan diadakan di resor Sharm el-Sheikh pada 6 – 18 November mendatang.

Baca juga: Tingkatkan Aksi untuk Iklim, Uni Eropa Gelar Pekan Diplomasi Iklim di Jakarta dan Bali

PBB mengatakan negara-negara G-20 menyebabkan 80% emisi global, tapi mereka lamban dalam menyalurkan janji bantuan sebesar USD100 miliar (Rp1.528 triliun) setahun.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Berbagai janji dan kebijakan saat ini menyulitkan upaya kita untuk membatasi naiknya suhu global hingga 2 derajat Celcius, apalagi 1.5 derajat," katanya mengenai target yang ditetapkan dalam Perjanjian Iklim Paris.

PBB memperingatkan kegagalan mencapai tujuan itu dapat menyebabkan bencana iklim.

Guterres mengatakan setiap pemerintahan, bisnis, investor dan institusi harus menjalankan rencana aksi iklim yang konkret.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini