Share

Korban Tewas Akibat Badai Ian Capai 103 Orang, Tim Penyelamat Gandakan Upaya Pencarian

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680269 korban-tewas-akibat-badai-ian-capai-103-orang-tim-penyelamat-gandakan-upaya-pencarian-vhRVBTHsM9.jpg Kerusakan akibat Badai Ian di Matlacha, Florida, 2 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

FORT MYERS - Tim pencarian dan penyelamatan di Florida kembali memeriksa puluhan ribu rumah dan bisnis di Pantai Teluk pada Senin, (3/10/2022) setelah penyisiran awal melalui daerah yang dilanda Badai Ian, di saat korban tewas dari salah satu badai paling ganas di Amerika yang tercatat telah melebihi 100 orang. 

Kru darurat telah melakukan inspeksi sepintas terhadap sekira 45.000 properti sejak Badai Ian mendarat di pantai Florida pada Rabu, (28/9/2022) lalu, membanjiri komunitas tepi laut dengan ombak tinggi yang menghanyutkan banyak bangunan.

"Kami telah mengunjungi hampir setiap alamat," kata Kevin Guthrie, direktur manajemen darurat Florida, selama pengarahan pagi, sebagaimana dilansir Reuters. Dia mencatat bahwa kru telah mulai melakukan pencarian yang lebih menyeluruh.

"Kami percaya bahwa kami telah mencari semuanya dengan sangat cepat. Sekarang kami akan kembali untuk melihat kedua kalinya."

Dia menambahkan: "Saya tidak mengatakan kami tidak akan menemukan orang lain. Kami mungkin menemukan orang lain."

Setidaknya 103 kematian terkait badai telah dikonfirmasi sejak Ian mendarat di AS dengan kekuatan bencana sebagai badai Kategori 4, dengan kecepatan angin maksimum 240 kilometer per jam.

Florida menyumbang sebagian besar kematian, dengan 78 korban tewas dihitung oleh kantor sheriff di yurisdiksi pantai yang bersebelahan dengan kabupaten Lee dan Charlotte, yang menanggung beban badai saat pendaratan, dan 21 kematian lainnya dilaporkan oleh pejabat negara bagian dari sembilan kabupaten lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pihak berwenang North Carolina mengatakan setidaknya empat orang tewas di sana.

Sekira 43.000 pekerja utilitas dan staf pendukung bekerja untuk memulihkan listrik ke lebih dari 560.000 rumah dan bisnis yang tetap tanpa listrik pada Senin. Sekira 3,3 juta rumah dan bisnis Florida awalnya kehilangan listrik selama badai, kata Guthrie.

Jumlah orang yang masih berada di tempat pengungsian tidak segera diketahui, katanya, seraya menambahkan bahwa banyak orang telah kembali ke rumah atau pindah bersama keluarga atau teman.

Beberapa warga yang terlantar akan ditampung di trailer Badan Manajemen Darurat Federal atau diberikan voucher untuk menginap di hotel dan motel, kata para pejabat pada Senin.

Pada Senin, 46 dari 59 distrik sekolah yang telah ditutup sebelum badai telah dibuka kembali, dengan sebagian besar sisanya diperkirakan akan dibuka kembali pada akhir minggu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini