Share

Fantastis! Ini Kisaran Gaji Ketika Jadi Agen CIA

Nadilla Syabriya, Okezone · Selasa 22 November 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712667 fantastis-ini-kisaran-gaji-ketika-jadi-agen-cia-L9ytj0sKxV.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Central Intelligence Agency (CIA) merupakan badan intelijen yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Badan ini bertugas dalam hal mengumpulkan dan menganalisis informasi keamanan nasional dari seluruh dunia.

Menurut sebagian besar orang, menjadi seorang agen CIA hanya untuk orang-orang yang terpilih saja. Namun, nyatanya CIA juga membuka kesempatan bergabung bagi siapapun yang berminat.

Melansir dari All Criminal Justice Schools, agen CIA mungkin akan cocok dengan orang yang memiliki kemampuan cerdas, energik, dan berdedikasi. Namun, perlu diketahui bahwa pekerjaan ini juga berpotensi berbahaya.

Untuk jalur karirnya sendiri, CIA memiliki beberapa di antaranya seperti bidang investigasi, technical engineering, keamanan, language opportunities, analytical opportunities, hingga support services. Untuk masuk ke bidang yang diinginkan, setidaknya pelamar harus memiliki gelar yang relevan dengan bidang tersebut.

BACA JUGA: Mantan Pejabat CIA Ditangkap Atas Tuduhan Jadi Mata-Mata China

Pada posisi entry-level, CIA mensyaratkan minimal memiliki gelar sarjana. Selain itu, dipertimbangkan juga beberapa pengetahuan termasuk criminal justice, engineering, matematika, sains, hingga ilmu akuntansi.

Proses perekrutan agen CIA cukup panjang dan kompetitif. Pelamar juga diharuskan mengambil tes poligraf. Selain itu, CIA juga menyukai kandidat yang fasih berbahasa asing seperti Arab, Farsi, dan Urdu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kemudian, untuk menjadi agen CIA, pelamar harus menjadi warga negara Amerika Serikat. Untuk usianya tidak lebih dari 35 tahun. Apabila sudah menikah, pasangan pelamar juga harus menjadi warga AS.

Mengutip pada CIA Agent Edu, gaji agen CIA cukup bervariasi tergantung dari peraturan pemerintah, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, hingga pengalaman yang dimiliki.

Situs tersebut mengklasifikasikan upah agen CIA berdasarkan posisi yang ditempati. Untuk gaji awal paling kecil sebesar USD53,285 atau setara Rp836,6 juta. Sedangkan gaji tertinggi terletak pada posisi petugas teknik operasi dengan upah sebesar USD152,352 atau senilai Rp 2,3 miliar.

Namun, kisaran tersebut bisa saja berubah menyesuaikan lokasi pekerjaan, spesialisasi bidang, hingga beberapa faktor lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini