Share

Parlemen Eropa Tunjuk Rusia Sebagai 'Negara Sponsor Terorisme'

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 November 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 18 2713913 parlemen-eropa-tunjuk-rusia-sebagai-negara-sponsor-terorisme-7lpugMWmqL.jpg Parlemen Eropa. (Foto: Reuters)

BRUSSELS - Parlemen Eropa pada Rabu, (23/11/2022) menunjuk Rusia sebagai negara sponsor terorisme, dengan alasan bahwa serangan militernya terhadap sasaran sipil Ukraina seperti infrastruktur energi, rumah sakit, sekolah dan tempat penampungan melanggar hukum internasional.

Anggota parlemen Eropa memberikan suara mendukung resolusi yang menyebut Rusia sebagai negara sponsor terorisme.

BACA JUGA: Suhu Anjlok di Bawah Titik Beku, WHO Peringatkan Jutaan Nyawa Terancam di Ukraina pada Musim Dingin 

Langkah ini sebagian besar bersifat simbolis, karena Uni Eropa (UE) tidak memiliki kerangka hukum untuk mendukungnya. Pada saat yang sama, blok tersebut telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, demikian diwartakan Reuters.

Moskow bereaksi dengan marah terhadap keputusan Parlemen Eropa.

"Saya mengusulkan menunjuk Parlemen Eropa sebagai sponsor kebodohan," tulis Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova di Telegram.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut baik keputusan Parlemen Eropa tersebut.

BACA JUGA: Penggerebekan Gereja Ortodoks, Rusia Kecam Ukraina Tak Bertuhan dan Liar 

"Rusia harus diisolasi di semua tingkatan dan dimintai pertanggungjawaban untuk mengakhiri kebijakan terorisme yang sudah berlangsung lama di Ukraina dan di seluruh dunia," tulisnya di Twitter.

Zelensky telah mendesak Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain untuk menyatakan Rusia sebagai negara sponsor terorisme, menuduh pasukannya menargetkan warga sipil, yang dibantah oleh Moskow.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sejauh ini menolak untuk mendaftarkan Rusia meskipun resolusi di kedua kamar Kongres mendesaknya untuk melakukannya.

Departemen Luar Negeri AS saat ini menyebut empat negara - Kuba, Korea Utara, Iran dan Suriah - sebagai negara sponsor terorisme, yang berarti mereka tunduk pada larangan ekspor pertahanan dan pembatasan keuangan.

Di UE, parlemen dari empat negara sejauh ini telah menetapkan Rusia sebagai negara sponsor terorisme, menurut Layanan Riset Parlemen Eropa: Lituania, Latvia, Estonia, dan Polandia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini