Share

Beri Dukungan Penuh ke Rakyat Palestina, Presiden China Xi Jinping Temui Presiden Palestina di Riyadh

Fatmawati, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 18 2724080 beri-dukungan-penuh-ke-rakyat-palestina-presiden-china-xi-jinping-temui-presiden-palestina-di-riyadh-b2njg6Bog9.jpg Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Xinhua)

RIYADHPresiden China Xi Jinping menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Riyadh, Arab Saudi pada Kamis (8/12/2022).

Pertemuan keduanya menandai persahabatan antara China dan Palestina yang sangat dihargai oleh rakyat mereka. Selama lebih dari lima dekade, kedua negara ini saling memberikan dukungan dan kepercayaan satu sama lain.

Mengutip laman China Global TV Network, Xi mengungkapkan bahwa dirinya akan selalu memberikan dukungan atas perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, serta selalu berada di sisi rakyat Palestina.

 Baca juga: Gedung Putih Tak Kaget Kunjungan Presiden China ke Arab Saudi dan Seluruh Dunia

Xi juga mengungkapkan bahwa komunitas internasional harus memprioritaskan masalah Palestina dalam agenda internasional, tetap pada arah solusi dua negara dan prinsip “tanah untuk perdamaian”, dan mulai memfasilitasi kembali pembicaraan damai berdasarkan resolusi PBB yang relevan dan Perdamaian Arab.

Baca juga: Pangeran Arab Sambut Meriah Presiden China, Janjikan Era Baru Hubungan China-Arab

Presiden China itu juga menambahkan bahwa China akan terus bekerjasama untuk mencari solusi awal, berlaku adil dan setia terkait masalah yang dialami Palestina.

Menyambut peringatan ke 35 tahun hubungan bilateral China-Palestina yang jatuh tepat pada tahun depan, Xi menekankan kedua negara perlu membuat rencana yang baik untuk merayakan hari jadi tersebut.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Kedua negara ini bahkan menandatangani dokumen kerja sama pariwisata, yang secara aktif telah memajukan negosiasi perjanjian dagang bebas China-Palestina serta berhasil melakukan sejumlah kerjasama dalam bidang ekonomi, perdagangan dan teknis.

Xi menambahkan bahwa China telah menyediakan sejumlah besar vaksin dan perlengkapan vaksin-Covid untuk pengungsi Palestina.

Selain itu, China juga akan terus melakukan apa saja yang dirasa dapat membantu Palestina dalam pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya.

“China memuji partisipasi aktif Palestina dan upaya mempromosikan kerjasama kolektif antara China dan negara-negara Arab, dan akan meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan Palestina dalam memajukan hubungan China-Arab dan menyampaikan inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global,” ungkap Xi.

Sementara itu, Abbas mengatakan rakyat Palestina juga merasa bangga dengan adanya hubungan persahabatan yang terjalin di antara mereka dengan rakyat China.

Dia juga menambahkan bahwa China adalah teman Palestina yang tulus dan dapat dipercaya dan selalu dengan tegas mendukung penuh atas perjuangan rakyat Palestina dalam bidang politik, ekonomi, moral dan lainnya.

Abbas juga menegaskan komitmen teguh yang dimiliki Palestina terhadap prinsip Satu China dan dukungan kuat untuk posisi China yang adil dalam isu-isu yang berkaitan dengan Taiwan, Hong Kong, dan Xinjiang.

Palestina dengan tegas memberikan dukungan dan partisipasinya secara aktif dalam kerja sama dengan China di berbagai bidang.

“Palestina berharap dapat bekerja sama dengan China untuk mengadakan KTT Negara-negara China-Arab pertama pada hari Jumat dengan sukses,” pungkas Abbas.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini