Share

Bahas Keamanan PLTN Zaporizhzhia, Menlu Rusia Gelar Pertemuan dengan IAEA

Susi Susanti, Okezone · Kamis 22 September 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 18 2672905 bahas-keamanan-pltn-zaporizhzhia-menlu-rusia-gelar-pertemuan-dengan-iaea-JRxhXJqONI.jpg Menlu Rusia Sergey Lavrov (Foto: Reuters)

RUSIA - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, pada Rabu (21/9/2022), menggelar pertemuan dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi di sela-sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (MU PBB) di New York, Amerika Serikat (AS). Pertemuan ini dilakukan untuk berkonsultasi tentang keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di wilayah Ukraina yang telah dikuasai Rusia.

Pada awal pekan ini, Grossi mengatakan akan bekerja sama dengan Kyiv dan Moskow, dan menyerukan penetapan “zona perlindungan keamanan dan keselamatan nuklir” di sekitar lokasi PLTN di bagian timur Ukraina itu.

Seperti diketahui, setelah invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari lalu, pasukan Rusia telah menguasai PLTN Zaporizhzhia, yang merupakan fasilitas nuklir terbesar di Eropa.

 Baca juga: Tingkatkan Risiko Kecelakaan Nuklir, IAEA Tuntut Pasukan Rusia 'Angkat Kaki' dari PLTN Zaporizhzhia

Dikutip VOA, baku tembak telah memutus jalur transmisi fasilitas itu dan memaksa operator untuk menutup enam reaktor guna mencegah bencana radiasi.

Baca juga:  IAEA: Rusia dan Ukraina Tertarik Bangun Zona Perlindungan di PLTN Zaporizhzhia

Rusia dan Ukraina pun saling menyalahkan terkait serangan yang berlangsung di dekat area PLTN itu.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Rekaman video dari Kementerian Luar Negeri Rusia juga menunjukkan pertemuan yang digelar Lavrov dengan Menteri Luar Negeri Armenia Ararat Mirzoyan dan Presiden Republik Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra.

Menurut rencana, Lavrov dijadwalkan berbicara di mimbar Majelis Umum PBB pada Sabtu (24/9/2022) mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini